x
Bisnis

Eatsambel Sukses Catatkan Peningkatan Penjualan Hingga 3 Kali Lipat di Shopee Live

Eatsambel Sukses Catatkan Peningkatan Penjualan Hingga 3 Kali Lipat di Shopee Live
  • PublishedJuly 10, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – Sensasi rasa pedas merupakan cita rasa yang tidak terpisahkan dari budaya kuliner Nusantara. Apalagi ada ungkapan yang tidak asing di tengah masyarakat bahwa hidangan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran sambal. Hal ini menjadi bukti kecintaan masyarakat Indonesia terhadap rasa pedas yang mampu melengkapi rasa dan menambah selera makan, serta menjadi peluang bisnis yang diamati oleh Yansen Gunawan saat menciptakan Eatsambel. Awalnya Yansen mencoba untuk memberikan sambal buatannya secara gratis kepada para kerabat, hingga kini Eatsambel bisa dikenal secara luas sebagai brand sambal lokal dalam kemasan dengan kualitas dan rasa yang enak. Kesuksesan brand lokal ini juga turut didukung dengan bergabungnya bersama Shopee untuk meningkatkan jangkauan penjualan dan memanfaatkan fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video.

Yansen Gunawan, Founder Eatsambel mengatakan, “Walaupun tiap orang memiliki selera makanan yang berbeda-beda, namun sambal menjadi satu cita rasa yang dicari semua masyarakat Indonesia. Maka dari itu, kami ingin produk Eatsambel bisa dicoba dan menjadi teman makan seluruh orang Indonesia. Dan berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan telah membantu Eatsambel dalam merealisasikan mimpi kami ini. Tidak terkecuali dua fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video yang menjadi solusi bagi kami dalam melewati masa sulit saat pandemi. Awalnya, Shopee Live menjadi strategi pemasaran yang kami gunakan untuk menjawab perubahan perilaku belanja masyarakat. Namun ternyata banyak sekali manfaat dan dampak positif yang kami rasakan hingga hari ini, mulai dari memperluas jangkauan pasar, menciptakan interaksi dengan konsumen, bahkan juga peningkatan transaksi yang signifikan. Melalui kolaborasi bersama Shopee Live, pada kampanye angka kembar Shopee, total transaksi Eatsambel berhasil meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan biasanya.”

Untuk melengkapi pengalaman konsumen dalam membeli dan mencoba produk yang dimiliki, Eatsambel yakin bahwa sebuah brand tidak boleh hanya berfokus untuk berjualan saja, tetapi juga harus melayani dan menghibur para calon konsumen. Memiliki produk yang bermain dengan sensasi rasa, fitur Shopee Live dan Shopee Video menjadi strategi penting yang dilakukan Eatsambel dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Melalui Shopee Live, Eatsambel dapat mendeskripsikan cita rasa dari masing-masing varian produk, menunjukkan bahan baku alami yang terkandung dalam produk, serta memberikan rekomendasi dan menjawab secara langsung pertanyaan yang muncul di kolom komen. Mengusung konsep komedi, Eatsambel juga memanfaatkan Shopee Video untuk memberikan tips dan kreasi makanan yang cocok dengan produk Eatsambel sambil berkolaborasi dengan figur selebriti ternama.

“Tiga nilai penting dari konten video Eatsambel adalah ringan, lucu dan tradisional. Karena itu, kami mengangkat cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari kami yang dikemas dengan konsep komedi ringan, seperti konten video pendek yang lucu bersama para karyawan maupun selebriti ternama. Kami percaya bahwa kekuatan dari Eatsambel adalah kreativitas yang kami miliki, dan dengan hadirnya Shopee Video ini menjadi wadah kami untuk menyalurkan berbagai ide untuk menghibur konsumen kami. Selain membantu kami, tentunya fitur interaktif ini juga semakin memudahkan konsumen Eatsambel karena mereka bisa langsung membeli produk kami melalui Keranjang Orange sambil menikmati promo dan diskon spesial untuk pembelanjaan dari Shopee Live maupun Shopee Video,” ujar Yansen atau yang akrab dipanggil Mas Yangun oleh para konsumen Eatsambel.

Perjalanan Eatsambel, pesona warisan resep turun temurun yang bertemu dengan inovasi digital dari Shopee

Didirikan pada tahun 2018, Eatsambel berawal dari keinginan Yansen untuk bisa mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri akan cita rasa sambal, yang sulit ditemukan di luar tanah air. Ia juga menyadari bahwa banyak orang menyukai sambal, tetapi tidak semua orang bisa dan mau repot untuk membuat sambal yang lezat. Oleh karena itu, bermodal resep sambal turun temurun dari keluarganya, Eatsambel hadir dengan cita rasa rumahan yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

Seluruh produk Eatsambel dibuat menggunakan komposisi bahan alami untuk selalu menjaga kualitas kesegaran serta menjamin kenikmatan dan rasa terbaik saat sampai di tangan konsumen. Maka dari itu, Yansen bekerja sama dengan para petani cabai yang tersebar di berbagai daerah untuk menunjukkan kualitas bahan baku lokal yang Indonesia miliki. Berbagai macam bahan baku lokal ini dikreasikan Yansen menjadi 4 varian cita rasa sambal khas Indonesia yang dikemas dengan nama yang unik, mulai dari Cumi Ciamik, Cakalang Rindu, Ayam Suwir Icikiwir, dan Teri-Ngat Kamu.

“Kami sangat bersyukur bahwa kehadiran Eatsambel tidak hanya dapat menemani konsumen saat menyantap makanan, tetapi juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan cabai dari petani daerah dan berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk banyak ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung dari keluarga mereka,” Yansen menambahkan.

Yansen juga meyakini dalam bisnis kuliner, yang dibutuhkan bukan hanya rasa yang enak, melainkan juga branding produk itu sendiri. Untuk itu, ia pun memanfaatkan Shopee untuk mendukung bisnisnya dan menjangkau target pasar yang dimiliki. Eatsambel pun langsung mengawali awal perjalanan bisnis bersama Shopee, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan bagi brand baru dalam mengenalkan produk dan memulai bisnis mereka. Berawal dari hanya memperkenalkan varian produk dengan foto yang cantik, sekarang Shopee sudah menyediakan berbagai wadah lain untuk menyalurkan kreatifitas Eatsambel melalui Shopee Video dan Shopee Live. Dengan memanfaatkan kampanye, program dan fitur interaktif yang Shopee miliki, Eatsambel bisa semakin dikenal masyarakat dan menjadi pilihan utama saat mereka ingin membeli produk sambal kemasan, dimana varian Eatsambel Cumi Ciamik menjadi favorit para pengguna Shopee.

“Kami percaya bahwa ‘inovasi’ dan ‘kreativitas’ adalah kunci utama bagi brand dalam mencapai kesuksesan. Salah satu caranya adalah tidak berhenti mempelajari tren dan memanfaatkan inovasi teknologi yang ada dengan cara yang khas dan berbeda dengan yang lain, seperti yang Eatsambel lakukan bersama fitur Shopee Live dan Shopee Video. Kami berharap kedepannya semakin banyak brand lokal yang mengadopsi kedua fitur interaktif ini untuk memudahkan komunikasi dengan calon konsumen. Karena kami percaya ini adalah awal dari sebuah inovasi besar dalam menciptakan pengalaman belanja yang personal, mudah, dan menyenangkan. Bagi brand yang baru memulai, kami percaya Shopee Live dan Shopee Video akan menjadi salah satu kunci besar dalam memenangkan perhatian para konsumen dan memberikan dampak positif bagi bisnis,” tutup Yansen.

Written By
Amanda Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!