x
News

Presiden Resmikan Pembangunan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1

Presiden Resmikan Pembangunan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1
  • PublishedSeptember 12, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – Pembangunan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1 telah resmi dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 11 September 2024 pagi tadi di area konstruksi beranda peron Stasiun Thamrin sebagai titik interkoneksi MRT Lin Utara Selatan dan Timur Barat.

Mengutip dari media sosial MRT Jakarta yang diposting pada Rabu (11/9), Presiden menyampaikan dalam Seremoni, “Fase 1 utara-selatan sudah mengubah wajah Jakarta, sudah mengubah wajah transportasi Jakarta, dan juga negara kita Indonesia,” ujar Presiden. Saat ini, pembangunan fase 2A MRT Lin Utara-Selatan yang menghubungkan Bundaran HI dengan Kota masih berlangsung. Namun, pemerintah bertekad untuk memperluas jaringan MRT di Jakarta agar makin terintegrasi.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasushi Masaki menyampaikan dukungannya, “Pemerintah Jepang telah memutuskan memberikan pinjaman senilai 140 miliar yen Jepang sebagai komitmen tahap pertama kepada Indonesia untuk pembangunan ini. Proyek MRT salah satu inisiatif terbesar kami dan mewakili bagian yang besar dari bantuan keuangan kami, khususnya yang difokuskan pada Fase 1, Tahap 1 MRT Jalur Timur-Barat. Kami berkomitmen memberikan dukungan lebih lanjut seiring kemajuan pembangunan tahap-tahap berikutnya.” tutur beliau.

Takeda Sachiko, Kepala Kantor Perwakilan JICA Indonesia mengungkapkan, “Proyek ini kerja sama bilateral simbolik yang berfungsi sebagai jembatan antara Indonesia dan Jepang. Melalui pemanfaatan Pinjaman Lunak ODA Jepang, dan pengenalan teknologi dan pengetahuan Jepang, MRTJ, bekerja sama dengan JICA dan seluruh pihak yang terlibat di kedua negara, telah berhasil membangun dan mengoperasikan MRT Lin Utara-Selatan.” tuturnya.

Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menyatakan bahwa proyek ini didanai oleh pinjaman JICA melalui co-financing bersama ADB. “Kementerian Perhubungan RI sebagai executing agency, Pemprov DKI Jakarta sebagai implementing agency, dan MRT Jakarta sebagai sub-implementing agency,” ujarnya.

MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1 sepanjang 24,5 kilometer menghubungkan Tomang, Jakarta Barat dan Medan Satria, Kota Bekasi. Di antara Ujung Menteng dan Medan Satria, di luar jalur utama, akan dibangun penambahan jalur ke arah utara sepanjang sekitar 5,9 kilometer sebagai akses Depo di Rorotan, Jakarta Utara.

Written By
Tim Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!