x
Entertainment Seni

Eki Dance Company Hadirkan Kisah Lutung Kasarung Di Galeri Indonesia Kaya

Eki Dance Company Hadirkan Kisah Lutung Kasarung Di Galeri Indonesia Kaya
  • PublishedSeptember 15, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – Siapa yang tidak tau kisah legenda Lutung Kasarung yang merupakan cerita asli dari tanah Sunda? Bercerita tentang perebutan kekuasaan di satu kerajaan, antara Purba Larang, sang kakak dan Purba Sari, sang adik. Yang dalam perjalanan cerita dongeng ini ada cerita cinta antara Purba Sari dengan seekor lutung yang merupakan jelmaan pangeran yang dikutuk karena sifat buruknya.

Cerita ini dikemas secara apik dan menghibur oleh Eki Dance Company yang disajikan di panggung Galeri Indonesia Kaya, pada Sabtu (14/9). Dilakonin dalam bentuk drama musikal dan pastinya tarian-tarian apik dari para pengisi panggung, dan bahasa-bahasa yang juga cukup menghibur, membuat kisah yang semua orang sudah tahu kisahnya, tidak beranjak dari tempat duduknya sepanjang 60 menit pertunjukan berlangsung.

“Lutung Kasarung merupakan salah satu cerita rakyat yang kami hadirkan bersama EKI Dance Company dalam format video, melalui program #MusikalDiRumahAja, web series yang senantiasa menghadirkan kisah rakyat dari berbagai wilayah di Indonesia dan melibatkan beragam sutradara teater, sutradara film, sinematografer,  penata musik, serta aktor, aktris dan penari Indonesia di kanal YouTube IndonesiaKaya sejak tahun 2020 yang lalu. Berangkat dari antusiasme para penikmat seni di YouTube yang tertarik untuk menyaksikan cerita rakyat Lutung Kasarung secara langsung di atas panggung seni pertunjukan akhirnya di tahun ini kami menghadirkan beragam cerita rakyat dalam web series #MusikalDiRumahAja ke atas panggung di Galeri Indonesia Kaya. Semoga pertunjukan ini dapat menghibur dan juga memenuhi keinginan para penikmat seni yang ingin menyaksikannya secara langsung,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya.

Sutradara Ara Ajisiwi dan pemusik oleh Oni Krisnerwinto dengan dipadu multimedia yang juga menyatu yang menggambarkan suasana berhasil menyuguhkan warna lain dari kisah Lutung Kasarung ini. Acara juga semakin meriah dengan dua bintang tamu yaitu Gerry Gerardo dan juga Uli Herdi.

“Kisah Lutung Kasarung merupakan sebuah cerita rakyat yang memiliki banyak nilai moral dan budaya, seperti saling memaafkan, tidak merendahkan orang lain, dan menghindari bersikap kasar, sombong, kejam, iri hati pada siapapun. Semoga persembahan ini dapat bermanfaat dan menghibur para penikmat seni sehingga akhir pekan para penikmat seni semakin berwarna.” Ungkap Nala Amrytha selaku Produser dan juga pemeran Purbasari dalam Musikal: Lutung Kasarung, menutup wawancara.

 

 

Written By
Tim Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!