x
Fashion

Bekerjasama Dengan Sarinah, Jakarta Fashion Trend-CYBER-XOTIC Digelar 24 Januari 2024

Bekerjasama Dengan Sarinah, Jakarta Fashion Trend-CYBER-XOTIC Digelar 24 Januari 2024
  • PublishedJanuary 25, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – Hi IJers! Indonesia Fashion Chamber (IFC) membukan event fasyen tanah air dengan Jakarta Fashion Trand 2024 yang sukses digelar pada Rabu, 24 Januari 2024 di Sarinah, Thamrin.

Jakarta Fashion Trand 2024 yang digelar IFC Jakarta chapter menjadi bentuk nyata tanggungjawab IFC yang membina 235 anggota yang tersebar di 14 daerah di Indonesia, untuk menampilkan koleksi terbaru dari para fashion designer dari DKI Jakarta dan guest designer dari daerah lain di Indonesia sebagai prediksi arah trend mode tahun tersebut. IFC Jakarta Chapter sendiri adalah salah satu cabang yang memiliki anggota terbanyak, yaitu 45 orang yang beraktivitas usaha mode di wilayah DKI Jakarta.

Mengangkat tema Cyber-Xotic” yang digagas oleh Ichwan Thoha, menampilkan berbagai desain busana yang memadukan budaya/ wastra Indonesia dan pesatnya dunia digital dalam siluet busana yang ultra modern, out of the box,  namun tetap  bisa digunakan dalam keseharian.

“Jakarta Fashion Trend kali ini membawa semangat melintas berbagai sekat, layaknya kecepatan era digital yang membawa banyak perubahan dalam gaya hidup kita, namun tetap harus berpijak pada akar budaya Indonesia.  Sebuah tantangan untuk meramunya dan menghasilkan busana siap pakai yang berselera global.” ungkap Erika Ardianto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

Jakarta Fashion Trend (JFT) 2024 akan menampilkan Fashion Parade karya 51 fashion designer. Terdiri atas 15 fashion designer konvensional, 8 fashion designer syar’i, 4 fashion designer kids/ anak,   dari berbagai kota di seluruh Indonesia, Jakarta, D. I Yogyakarta, Kediri, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Buton Tengah, dan Surabaya.

Sarinah, mendukung kegiatan yang merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun dalam rangka membuka peluang pasar bagi para desainer Indonesia, memberi tempat buat memarkan karya para desainer dan juga mengangkat wastra asli Indonesia sehingga lebih banyak orang yang melihat kemudian mengenal wastra asli Indonesia. Dan ini sejalan dengan misi Sarinah sebagai mall berplat merah, yang menempatkan diri sebagai etalase budaya Indonesia.

“Hal-hal yang terkait seperti ini, memperkuat upaya Sarinah sebagai padu karya dari karya-karya terbaik di Indonesia. Karena di Sarinah sendiri banyak menampilkan wasra-wasra asli Indonesia, baik yang sudah siap pakai, mau pun masih berupa kain. Kekayaan wasra Indonesia tidak bisa mengikuti semua trand dunia. Indonesia memiliki varian wasra dan fashion daerah yang banyak. Ini menjadi kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Ini satu hal yang harus didukung. Karena Sarinah sudah seperti Indonesia kecil karena hampir semua ada di Sarinah.” Ungkap Pangesti R Boedhiman. Project Manager Corporate Communication & CSR, PT Sarinah pada tim IndonesianJournal yang hadir pada moment pembukaan JFT 2024 tersebut.

Pada Parade Fashion pertama, diawali dengan koleksi dari Hannie Hananto, Putri Anjani by Indina, Monika Jufry, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia   D. I. Yogyakarta, Dekranasda Buton Tengah presents Wignyo Rahadi, dan OPIE OVIE.

Dilanjutkan ke Parade Fashion kedua untuk sesi anak, yang menampilkan para fashion designer dan kids bran, yaitu Cahya Tian for Islamic Fashion Institute, ARAJI by Araji team, Eureka by Interstudi, Purwakanthi.com, Parade Cyber-Xotic IFC Jakarta presents RINEEREO, Yani Halim SANTOON by Pricilla, Ferdian The, dan Keyko, dan Erika Ardianto.

Seiring dengan maraknya industri modest/ Moslem wear di Indonesia, Jakarta Fashion Trend (JFT) 2024 turut menghadirkan Parade Fashion dari bran modest dan syar’i, yaitu Najua Yanti -Lux Mom and Kids-, Kameela Hijabku x Azfael, Vermint x Fenny Saptalia, Althafunissa by Karina, Ranaya, House of Aisy by Cilya Marthalena, Masya, Via Sunarto, Ummina, Zahwazee by Salty Jofimar, HSE by Efnie, Khanza Maryam, dan DeChantique by Ning Santoso.

Rangkaian ditutup dengan slot keempat, yang menampilkan mix style dan Fashion Designer, yang terdiri dari Rose Ma Lina x Sofie, Batik Chic. Karina Rozy, Chaera Lee, Adinda Moeda, Kojie.San x Eko Tjandra, dots Indonesia x Fiorellya, FUKU x Yanti Adeni, Honor x Eko Tjandra, dan Priscilla Saputro.

Selain menikmati fashion show, para undangan dan pengunjung juga bisa mengunjungi berbagai booth dari para tenant dan sponsor di area pameran.

Written By
Amanda Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!