Yuk, Intip Serunya Cara L’Oreal Rayakan Ulang Tahun
Selama 13 tahun terakhir, L’Oréal Indonesia rutin melaksanakan perhelatan Citizen Day—sebuah kegiatan sosial tahunan yang mendorong karyawan meluangkan satu harinya untuk kegiatan kemanusiaan. Dicetuskan untuk merayakan ulang tahun L’Oréal Groupe, Citizen Day juga merupakan salah satu implementasi tujuan L’Oreal untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia.
Setiap tahun, L’Oréal Groupe secara rutin menggerakkan karyawannya di seluruh dunia untuk terlibat langsung dalam kegiatan sosial yang relevan di masing-masing negaranya. Tidak terkecuali di Indonesia.
Junaid Murtaza, President Director L’Oreal Indonesia menjelaskan, “Selama 114 tahun, L’Oréal Groupe melalui inovasi produk hingga komitmen keberlanjutannya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat maupun turut andil dalam memecahkan permasalahan global. Hari ini, kami membuktikan bahwa kami tidak hanya melakukan hal tersebut sebagai korporasi, tetapi juga sebagai individu, dimana ratusan karyawan kami berkumpull disini untuk benar-benar membawa perubahan nyata di masyarakat dan lingkungan.”
Tahun ini, Citizen Day berlangsung dengan menggandeng organisasi nirlaba SOS Children’s Village untuk memberikan wadah bagi 402 karyawan L’Oréal Indonesia untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial. Sekitar 50 karyawan L’Oréal Manufacturing Indonesia juga akan melakukan kegiatan serupa. Jumlah karyawan yang terlibat juga merupakan angka partisipasi tertinggi di L’Oréal Indonesia selama 13 tahun.
Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement, and Sustainability L’Oreal Indonesia mengatakan, “Sejak 2010, L’Oréal Indonesia mengajak ratusan karyawan melakukan volunteering pada berbagai isu sosial lingkungan yang ada di sekitar kami. Citizen Day tahun ini merupakan yang paling ramai, dimana hampir 400 karyawan kami terlibat langsung dalam kegiatan sosial ini. Kami juga sangat senang dapat mengajak karyawan dan partner kami untuk bekerjasama dengan SOS Children’s Villages karena kami dapat memberikan manfaat bagi kelompok masyarakat yang sangat penting bagi L’Oréal, seperti perempuan, para pemuda, hingga anak-anak.”
Beberapa kegiatan sosial yang dilakukan di SOS Children’s Villages antara lain pemberdayaan perempuan seperti pelatihan haircut dan haircare bagi perempuan; peningkatan kapabilitas seperti pelatihan CV dan wawancara kerja, serta pelatihan persiapan kuliah bagi siswa SMA dan kuliah; perbaikan fasilitas seperti penanaman pohon, berkebun, dan mengecat tembok; serta kegiatan lain seperti kelas melukis bagi anak-anak.
Secara keseluruhan, terdapat ratusan penerima manfaat yang dilibatkan dalam L’Oréal Citizen Day 2023.
Sumanda Tondang, Fund Development and Communications Director SOS Children’s Villages menuturkan, “Selaras dengan misi SOS Children’s Villages untuk membangun keluarga dan masa depan bagi anak yang kehilangan pengasuhan dengan mengasah kemampuan, minat, dan bakatnya serta mendukung pemberdayaan masyarakat, kehadiran L’Oréal sangat kami apresiasi. Tidak hanya berkontribusi langsung pada pelestarian lingkungan, tapi kami juga merasakan kepedulian L’Oréal akan generasi masa depan bangsa kita. Semoga kolaborasi yang positif dan menyenangkan antara L’Oréal dan SOS Children’s Villages ini dapat menghasilkan hubungan baik yang terus berlanjut antara kedua belah
pihak.”
Selain karyawan L’Oréal Indonesia, Brand Ambassador Garnier Mikha Tambayong juga terlibat dalam Citizen Day. “Aku sudah menjadi bagian dari keluarga Garnier selama kurang lebih 5 tahun dan Citizen Day merupakan annual event yang aku tunggu tunggu sekali. Ini merupakan kedua kalinya aku mengikuti acara Citizen Day setelah berpartisipasi dalam kegiatan yang sama pada 2018. Selain komitmen Garnier pada pelestarian lingkungan melaui trees planting dan gardening hari ini, aku juga sangat kagum dengan kegiatan CV and career coaching karena jarang sekali orang punya privilege untuk itu.”
Sejak pertama kali dilaksanakan, L’Oréal Indonesia telah menggelar belasan rangkaian Citizen Day. Beberapa diantaranya adalah pelestarian alam di Kali Baru, Cilincing, pada 2018; menanam 5000 mangroves di PIK dan Bekasi pada 2019; bekerjasama dengan UNICEF untuk membantu anak-anak yang kehilangan orangtua atau pengasuhnya selama pandemic pada 2021; hingga menanam 250 bibit mangrove dan 250 baby coral di Pulau Pramuka pada 2022.