Dukung Pertumbuhan Emosional Anak Dengan Bonding Bersama Orang Tua
Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di social media telah memicu kecemasan mereka. Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orang tua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para ibu. Menurut studi Cornell University, para ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orang tua dibanding ayah, salah satunya karena selalu ingin menyesuaikan image mereka dengan konsep “ibu yang baik”. Bahkan, studi lain dari BabyCenter menunjukkan bahwa 80% ibu millennials merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi ibu yang sempurna.
Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga menjelaskan, “Keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia.Menyikapi hal ini, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bondingyang bermakna.”
“Apalagi, ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain,” lanjut Samanta.
Memperingati 50 tahun kehadirannya di Indonesia sekaligus merayakan Hari Ibu, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan. Kampanye ini diawali dengan gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas agar orang tua memahami manfaat serta cara menciptakan momen bonding dengan Si Kecil.
Dikesempatan yang sama Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal ikut berbagi, “Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami. Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orang tua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri, ya! Tapi aku selalu percaya bahwa aku dan suamilah yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa, dan yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional. Misalnya saat memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buatku dan suami untuk menyentuh Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda. Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti.”
Menanggapi kebutuhan para orang tua dalam menciptakan momen bonding dengan Si Kecil, Zwitsal percaya bahwa setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk melakukannya, dan di saat itulah bonding yang bermakna dapat terjalin. Oleh karenanya, melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi. Salah satunya video tentang 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. Diharapkan tayangan ini mampu menggugah para orang tua agar terus mengekplorasi cara dan kesempatan untuk menciptakan momen-momen bondingyang bermakna, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga mereka.
Mengawali kampanye terbarunya, hari ini Zwitsal mempersembahkan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna bertempat di Mall fX, Sudirman. Salah satu highlight dari festival ini adalah kelas Baby Spa sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna. Ditemani rangkaian produk Zwitsal, kegiatan yang melibatkan 1.000 ibu secara offline maupun online ini mampu membantu menstimulasi sejumlah indera Si Kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensianya. Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent – selaku mitra penyelenggara festival.
Selain itu, di festival ini Zwitsal juga mempersembahkan rangkaian diskusi interaktif bersama sederetan pakar untuk menginspirasi orang tua akan pentingnya menciptakan momen bonding bermakna, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan yang krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
“Kedepannya, kampanye #MomenBondingBermakna akan terus hadir melalui rangkaian signature activities dari Zwitsal seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala. Harapannya, kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama Si Kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman Zwitsal,” tutup Nessa.
[1] https://www.priorygroup.com/media-centre/how-social-media-is-fuelling-anxiety-and-depression-among-parents
[2] https://qz.com/803610/its-way-more-fun-and-less-stressful-to-be-a-dad-than-a-mom-researchers-have-confirmed
[3] https://wp.lps.org/tnettle/files/2015/03/Help-My-Parents-are-Millennials.pdf