Road to Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Kemendag Gelar In Store Promotion Ramadan Fashion Festival 2022
Kementerian Perdagangan menggelar kegiatan In Store Promotion Ramadan Fashion Festival 2022 di Mal Gandara City pada 13–17 April 2022. Pameran ini diselenggarakan sesuai dengan arahan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang bertujuan mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal dunia, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan fesyen muslim di pasar lokal dan global, serta mendukung Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023.
“In Store Promotion Ramadan Fashion Festival merupakan jembatan dalam menyukseskan JMFW 2023, sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia. Diharapkan, merek-merek yang berpartisipasi di In Store Promotion dengan cakupan lokal ini ke depannya akan semakin kuat sehingga mampu naik kelas dan mencetak merek yang dapat dikenal oleh pasar mancanegara,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan.
Oke menjelaskan, JFMW 2022 memfokuskan pada penguatan merek (branding). Sedangkan JMFW 2023 fokusnya akan tetap berkesinambungan dan menjadi langkah selanjutnya yaitu penguatan jejaring kerja (networking) di industri fesyen internasional.
“In Store Promotion Ramadan Fashion Festival diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik atas perkembangan dari industri produk halal Indonesia. Selain itu, dapat mengajak konsumen untuk membeli produk fesyen muslim dalam negeri buatan usaha kecil dan menengah (UKM) yang memiliki desain dan kualitas bagus,” kata Oke
Pameran In Store Promotion Ramadan Fashion Festival 2022 dihadiri Direktur Penggunaan Dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ida Rustini, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Miftah Farid, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, Pimpinan Mal Gandaria City Stefanus Ridwan, Perwakilan Direktur PT Mustika Ratu Tbk Astrid Warganegara, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemendag Dwika Dasawarsih Suhanto.
“Atas nama Kementerian Perdagangan, kami menyampaikan apresiasi kepada APBBI, Mustika Ratu, pengelola Gandaria City, para peserta pameran, serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi penuh dari kita semua untuk menjadi pahlawan di negeri sendiri. Teruslah mendukung, membeli, dan memakai dengan bangga produk buatan Indonesia,” imbuh Oke
Direktur Pengembangan Produk Ekspor Miftah Farid menambahkan, JMFW merupakan upaya dalam memperkenalkan serta mempromosikan produk fesyen muslim Indonesia kepada pasar global. Tujuannya untuk memajukan industri fesyen muslim Indonesia dan meningkatkan daya saing di pasar internasional.
“In Store Promotion Ramadan Fashion Festival 2022 merupakan salah satu media yang tepat untuk menjadi bagian dari JMFW sebagai puncak promosi fesyen muslim Indonesia,” jelas Miftah.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, lanjut Miftah, juga sudah memberikan arahan terkait penguatan ekosistem industri halal. Misalnya dengan menjadikan produk halal sebagai salah satu produk prioritas. Untuk itu, Kemendag memiliki beberapa strategi antara lain penguatan kompetensi sumber daya manusia, peningkatan nilai tambah dan daya saing produk, peningkatan akses pasar, peningkatan promosi digital, dan optimalisasi peran perwakilan perdagangan di luar negeri.
“Kemendag memahami pentingnya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama membawa fesyen Indonesia sebagai kekuatan baru ekonomi nasional. Sehingga sepanjang tahun menuju JMFW penguatan ekosistem terus dilakukan melalui program Road to JMFW. Esensinya adalah inkubasi, promosi dan kolaborasi di dalam negeri, serta koneksi dengan komunitas fesyen di internasional,” pungkas Miftah.