x
Entertainment

Road To ArtJog 2024, Awali Gelaran di Jakarta

Road To ArtJog 2024, Awali Gelaran di Jakarta
  • PublishedApril 22, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – ArtJog, perhelatan seni rupa kontemporer berskala besar di Indonesia yang rutin digelar setiap tahun sejak 2008 akan segera digelar pada 28 Juni hingga 1 September 2024, di Jogja National Museum, Yogyakarta.

Gelaran ArtJog selama ini merupakan bukti kontribusi bagi ekosistem seni rupa Indonesia. Puluhan pameran dan kegiatan seni budaya diselenggarakan secara indipenden sepanjang ArtJog diselenggarakan. Selain itu ArtJog yang dikemas  dalam bentuk perhelatan seni rupa kontempore yang menjadi tontonan populer yang menarik buat pariwisata dan juga untuk baik untuk pendidikan.

Sepanjang perhelatan ArtJog juga memberi fasilitas buat penikmat dan pelaku seni berkebutuhan khusus atau inklusif. Sejak 2022 ArtJog melibatkan anak-anak dan teman-teman berkebutuhan khusus dengan menyediakan Pusat Layanan Disabilitas (PLD) yang bekerjasama dengan Komunitas Bawa yang pada pelaksanaannya.

Menjelang gelaran 2024 ini, ArtJog menggelar Road To ArtJog, Perfoma Kinestetik dari 20 hingga 30 April 2024, yang mengambil tempat di Salihara, Pasar Miggu, Jakarta Selatan.

Performa Kinestik ini untuk menyapa masyarakat penikmat seni yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Menghadirkan karya Zulfian Amrullah, seorang arsitek yang juga perupa dan pengarah artistik. Pada instalasinya, Zulfian menggunakan kursi yang dieksploitasi dalam berbagai dimensi seni.

“Masih belum selesai dengan mengeksplor kursi, kesempatan kali ini saya masih menggunakan kursi tidak hanya dari fungsinya, tapi juga dengan cara persepsi lainnya, seperti persepsi indrawi, pengadeganan dan juga gerakan.” Jelas Zulfan di depan para pewarta pada saat jumpa pers yang juga dihadiri jurnalis IndonesianJournal.

Lebih lanjut Zulham juga menjelaskan tentang karyanya yang juga bisa bereksperimen terhadap peluang narasi dari sebuah karya seni. Sehingga instalasi Zulham menjadi dialog atas pengalaman tubuh dalam karya instalasi masif ini juga akan diperkuat lewat pertunjukan tari yang dibawakan oleh Siska Aprisia, seorang penari dan kreografer dari Sumatera Barat yang sering berkolaborasi  dengan berbagai bentuk seni.

Informasi tentang Road To ArtJog 2024 bisa diliat di sini.

Written By
Amanda Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!