x
Lifestyle

Better Life Festival, Cara LG Menginspirasi Generasi Muda Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan

Better Life Festival, Cara LG Menginspirasi Generasi Muda Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan
  • PublishedApril 25, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – Menjadi upaya menginspirasi generasi muda Indonesia untuk memulai gaya hidup berkelanjutan, PT. LG Electronics Indonesia (LG) menghelat Better Life Festival. Kegiatan ini merupakan kelanjutan kampanye besar LG di tahun ini bertajuk ‘Better life for all” yang didesain sebagai wujud nyata inisiatif sosial perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan dan membangun kesadaran diantara generasi muda terkait food issue, terutama soal tingginya food waste (limbah makanan) dan food insecurity (kerawanan pangan) di Indonesia dan dunia yang menjadi topik utamanya.

“Better Life Festival merupakan wujud komitmen LG terhadap janji merek kami, Life’s Good. Memperluas inisiatif tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Tidak hanya akan mendapatkan wawasan berharga tentang food waste, pengunjung juga akan mempelajari langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan melalui penggunaan produk elektronik inovatif,” kata Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut dikatakannya, festival ini bakal berlangsung sepanjang dua hari sejak 19 April di Chillax Sudirman Jakarta dimulai pada pukul 12.00 hingga 22.00. Pada setiap harinya, beragam rangkaian acara dan aktivitas dikemas dengan membawa visi LG pada pentingnya sustainable living. Selain berbagai lokakarya yang terlibat dalam sesi obrolan langsung dengan ahli terkait, pengunjung Better Life Festival juga akan menikmati aktivitas menarik yang disiapkan setiap harinya.

Termasuk didalamnya, berbagai aktivitas yang melibatkan interaksi langsung dengan produk LG yang memang diciptakan dengan inovasi yang mendukung gaya hidup berkelanjutan. “Lebih dari sekedar menunjukkan inisiatif yang LG lakukan melalui pengembangan inovasi produk, keterlibatan produk LG dalam festival ini menunjukkan kepada pengguna produk LG terkait berbagai peluang yang dapat dilakukan dalam keseharian untuk menuju gaya hidup berkelanjutan dengan mengoptimalkan fitur produk LG,” ujar Lee Taejin.

Dalam Better Life Festival, pengunjung lebih jauh dibawa untuk mengeksplorasi berbagai langkah untuk dapat memulai gaya hidup berkelanjutan. “Jauh dari membosankan, keseluruhannya dikemas dalam berbagai kegiatan menarik yang bakal membawa pengalaman berkesan sekaligus menginspirasi,” ujar Jay Jang, Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia. Diantara berbagai kegiatan ini, ujar Jay Jang lagi, bahkan melibatkan interaksi dengan berbagai produk pilihan LG yang memang memiliki inovasi untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Dibagi dalam berbagai zona, saat masuk area festival, pengunjung akan disambut LG Styler. Ditempat ini pengunjung dapat menaruh pakaian, seperti jaket, dalam perangkat LG Styler yang akan menjaga kesegaran pakaian dengan menggunakan teknologi uap air. Selanjutnya, pada zona mesin cuci LG WashTower, pengunjung dapat mengikuti kuis terkait gaya hidup berkelanjutan, lewat perawatan pakaian yang membuat usia pakainya lebih lama, sekaligus berkreasi membuat tas dari bahan spanduk bekas.

Sementara menuju area dapur, pengunjung akan disambut demo pengolahan makanan menggunakan bahan makanan sisa. Diantaranya pembuatan teh dengan memanfaatkan sisa bongkol apel.

Setelah mengikuti berbagai aktivitas ini, LG pun menyediakan tempat bersantai yang ditemani AeroTower dan AeroFurniture. “Di area ini, AeroTower LG, pembersih udara, memungkinkan pengunjung menikmati udara bersih dan segar dengan AeroFurniture yang terbuat dari plastik daur ulang perangkat elektronik usang,” kata Jay Jang.

Yang membuat semakin menarik, partisipasi pada tiap aktivitas ini akan membuat pengunjung berhak atas koin khusus. Koin ini digunakan untuk mendapatkan hadiah yang diambil langsung dari vending machine. Tak sembarang hadiah, keseluruhan ragamnya pun mewakili semangat gaya hidup berkelanjutan.

Lebih lanjut terkait Better Life Festival, pengunjung akan dijamu dengan berbagai aktivitas yang mengeksplorasi upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi food issue di Indonesia, utamanya food waste dan food insecurity. Diantaranya yaitu pertunjukan memasak bersama Chef Devina Hermawan. Mengingat masakan dibuat dari berbagai bahan makanan, seperti buah atau sayuran, yang sering dianggap kurang menarik sehingga menjadi alasan untuk dibuang, pertunjukan memasak ini didesain untuk menginspirasi upaya pengurangan food waste.

Pengunjung juga berkesempatan terlibat dalam pembicaraan menarik dengan tema seputar food waste yang dipimpin para ahli terkait. Sesi-sesi ini menekankan pentingnya mendorong tindakan kolektif untuk mengatasi food waste di lingkungan dan masyarakat sekitar, serta mendorong perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dan inisiatif berskala lebih besar.

Dengan kesadaran topik besar yang dibawanya, lebih lanjut Jay Jang menyatakan, LG pun berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi. Badan Pangan Nasional menjadi mitra LG yang mewakili sosok pemerintah. Selain itu, FoodCycle Indonesia yang dikenal dengan berbagai aktivitas, diantaranya kegiatan distribusi makanan berlebih bagi komunitas yang membutuhkan, serta Universitas Prasetiya Mulya yang memberi inspirasi peran dunia pendidikan bagi generasi muda juga turut terlibat dalam gerakan ini.

“LG sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Bapanas, FoodCycle Indonesia, dan Universitas Prasetiya Mulya. Dengan visi yang sama, masing-masing terlibat aktif mempresentasikan berbagai aktivitas dalam Better Life Festival untuk menginspirasi tiap orang memulai langkah perubahan sederhana untuk gaya hidup berkelanjutan bagi generasi mendatang Indonesia,” ujar Lee Taejin.

Dalam festival ini, dosen dan mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya juga berbagi wawasan terkait pangan yang sekaligus menunjukkan keterlibatan lembaga pendidikan dalam proyek In2Food yang menjadi inisiatif interaktif untuk mempromosikan inovasi kolaboratif dalam pengelolaan food waste.

Pengunjung pun dapat berperan aktif memberikan donasi pangan dengan mengunjungi booth FoodCycle Indonesia. Donasi berupa pangan segar maupun dalam kemasan, yang terkumpul dari perorangan maupun korporasi, akan didistribusikan kepada berbagai komunitas yang membutuhkan di wilayah Jakarta. Dalam booth ini pula, pengunjung akan mendapat informasi langkah untuk lebih berkontribusi membantu ketahanan pangan masyarakat melalui berbagai program FoodCycle Indonesia.

Masih membawa semangat yang sama, Badan Pangan Nasional (BAPANAS) pun secara aktif mempromosikan Stop Boros Pangan bersama sektor pentahelix melalui Gerakan Selamatkan Pangan sebagai upaya untuk mencegah pemborosan pangan. “Sinergi dengan sektor swasta memungkinkan kami untuk memperkuat dampak positif menuju masa depan cerah Indonesia Emas 2045 yang lebih berkelanjutan dengan diawali pentingnya kesadaran generasi muda untuk mencegah dan mengurangi food waste,” ujar Nyoto Suwignyo, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi pada saat menyampaikan keynote speech.

Lebih lanjut, partisipasi Badan Pangan Nasional dalam kolaborasi dengan LG dan FoodCycle Indonesia ini juga diwujudkan melalui partisipasi aktif pada talk show dan mendukung penyaluran donasi pangan menggunakan Food Truck NFA di 3 (tiga) lokasi di wilayah Jabodetabek, ujar Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi.

Dengan tema besar yang dikemas dalam berbagai aktivitas yang menginspirasi kesadaran baru terkait gaya hidup berkelanjutan, lebih lanjut Lee Taejin berharap, Better Life Festival dapat menjadi pemicu bagi generasi muda untuk melakukan berbagai langkah sederhana yang berkontribusi dalam gerakan besar bagi hidup yang berkelanjutan. “Kami mengundang untuk datang dan bersenang-senang sekaligus terinspirasi dan menularkannya pada lebih banyak orang untuk menjadi bagian gerakan bagi kehidupan yang lebih baik,” tutup Lee Taejin.

Written By
Amanda Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!