x
News

Amartha Raih Best Companies to Work in Asia oleh HR Asia Awards 2024

Amartha Raih Best Companies to Work in Asia oleh HR Asia Awards 2024
  • PublishedJune 27, 2024

IndonesianJournal.id, Jakarta – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), prosperity platform yang menghadirkan layanan keuangan digital inklusif untuk komunitas akar rumput, berhasil meraih Penghargaan Best Companies to Work in Asia oleh HR Asia Awards 2024. Keberhasilan diraih oleh Amartha karena menerapkan kebijakan perekrutan dan pengembangan talenta terbaik (top talents) dengan pendekatan berfokus pada manusia dan kinerja tinggi (people centric culture dan high performing culture)guna dukung perkembangan bisnis yang kuat dan mempersiapkan talenta terbaik menuju Indonesia Emas 2045.

Chief People Officer Amartha, Rine mengungkapkan, “Pendekatan people centric culture dan high performing culture Amartha terapkan melalui budaya Above and Beyond yang berfokus pada kesejahteraan karyawan dengan menyediakan program kesehatan fisik, mental serta mendukung keseimbangan hidup. Keterlibatan karyawan merupakan kunci agar setiap suara didengar dan dihargai sehingga tercipta lingkungan kerja yang inklusif. Dengan begitu, Amartha tidak hanya membangun tim yang lebih kuat dan berdedikasi, tetapi juga memastikan bahwa setiap individu dapat mencapai potensi maksimalnya.”

Berdasarkan riset Global Talent Crunch terkait ketersediaan talenta ahli di masa depan, diprediksi bahwa Indonesia akan kekurangan tenaga kerja ahli (highly skilled) dengan total 18 juta orang pada tahun 2030, dimana pada tahun yang sama Indonesia bisa kehilangan potensi ekonomi mencapai $442,62 miliar USD yang tidak akan terealisasi akibat kekurangan talenta ahli. Hal ini merupakan perhatian bersama hingga menjadi pilar pertama dalam visi Indonesia Emas 20245 yaitu pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tentu tantangan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun upaya kolektif termasuk kontribusi dari pihak swasta yang memiliki peranan penting dalam hal menyaring serta mengembangkan talenta dalam mencapai potensi terbaiknya. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perkembangan tren dan karakteristik para pencari kerja yang terus berubah seiring zamannya. Salah satunya adalah dimana 65% pekerja lebih mempertimbangkan budaya kerja yang baik dibandingkan pendapatan. Hal ini seperti prioritas dalam mendapatkan kesempatan yang setara dalam akselerasi karir mereka dan keahliannya.

Menyikapi tren ketenagakerjaan tersebut, Amartha menerapkan strategi membangun bisnis yang kuat melalui kebijakan perekrutan dan pengembangan talenta terbaik (top talents) yang berfokus pada elemen manusia dan kinerja tinggi (people centric culture dan high performing culture). People centric culture dan high performing culture sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang dinamis. Pola manajemen sumber daya manusia menunjukkan bahwa saat ini banyak perusahaan telah menyadari bahwa pendekatan yang mengutamakan karyawan mendorong nilai-nilai organisasi serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan.

Melalui penerapan kultur kerja Above & Beyond, Amartha mendukung dan memfasilitasi seluruh karyawan untuk mencapai potensi terbaik mereka, baik dalam keterampilan teknis maupun kesejahteraan (well-being) dalam proses pengintegrasian kerja seluruh karyawan. Dalam aspek keterampilan teknis, Amartha berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja dengan memfasilitasi karyawan untuk mempertajam keterampilan mereka serta membentuk budaya pembelajaran sepanjang hayat melalui berbagai kelas pengembangan diri di Amartha Academy dan program pelatihan eksternal hingga program beasiswa Amartha Fellowship yang diperuntukkan bagi karyawan Amartha.

Dalam aspek kesejahteraan, Amartha tidak hanya menyediakan dukungan kesehatan mental dan konseling bersama psikolog, tetapi juga berbagai aktivitas yang sesuai dengan minat karyawan untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Seperti program Amartha Club, beragam kegiatan dapat dilakukan seperti olahraga, seni, dan aktivitas mindfulness yang dirancang untuk memenuhi beragam minat karyawan. Dengan menawarkan sesi konseling gratis bersama psikolog berlisensi dan spesialis psikiatri, Amartha berkomitmen untuk mendukung kesehatan mental karyawan secara menyeluruh. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan mendukung pengembangan karyawan secara holistik, serta meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan karyawan.

Didukung oleh penilaian HR Asia Awards yang mengakui keunggulan Amartha dalam aspek Workplace Sentiment dan Team Dynamics, Amartha terus berinovasi untuk menjaga lingkungan kerja yang inklusif dan dinamis. Secara reguler, Amartha menghadirkan kegiatan komunikasi terbuka yang melibatkan para pemimpin Amartha (C’s) dengan seluruh karyawan melalui acara Town Hall, program inkubasi (A-Hack), dan program aktualisasi diri (A-League). Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Amartha dalam membangun budaya perusahaan yang kuat dan memberdayakan setiap individu untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Group Publisher/Editor-in-Chief of HR Asia, Datuk William Ng memberikan apresiasi terhadap Amartha pada sesi Acara inagurasi yang dilaksanakan di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta (31/05). “Melalui komitmen Amartha dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memuaskan karyawannya melalui berbagai kebijakan yang inovatif dan berfokus pada manusia, Amartha telah menunjukkan keunggulan yang luar biasa. Komitmen ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan karyawan tetapi juga mendorong produktivitas dan semangat kerja yang tinggi. Inilah yang membuat Amartha secara konsisten layak menerima penghargaan HR Asia Awards untuk yang kedua kalinya setelah pertama kali mendapat penghargaan ini di tahun 2022.”

Saat ini, Amartha didukung oleh lebih dari 9.000 karyawan A-Team yang #LangsungBerdampak dan terus membuka beberapa posisi. Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2023 Amartha telah mendapatkan komitmen fasilitas institusi untuk pembiayaan usaha mikro dari tiga organisasi terkemuka, yang mencapai total kontribusi sebesar $285 juta dari Community Investment Management, International Finance Corporation, dan Credit Saison.

Besarnya tren impact investing serta konsisten menghadirkan inovasi teknologi yang relevan menjadikan Amartha memiliki catatan profitabilitas yang baik selama tiga tahun terakhir. Untuk meraih potensi terbaik bersama Amartha, klik amartha.com/karir.

Written By
Amanda Nasution

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!