Agustin Ningsih: Mantan Karyawan Yang Kini Sukses Jadi Beauty Creator Berkat Shopee Live

IndonesianJournal.id, Jakarta – Agustin Ningsih, konten kreator dengan akun ‘tintintinwin’ memulai karirnya sebagai konten kreator dengan bergabung Shopee Affiliates Program di tahun 2023 lalu. Dampak dari pemutusan hubungan kerja yang dialaminya mampu mendorong wanita 30 tahun ini untuk mengubah hidupnya dengan membangun karir sebagai konten kreator bersama Shopee Live.
Berbekal dukungan dari sang suami, ia mulai belajar dunia afiliasi dan langsung terjun ke Shopee Live setelah mendaftar dalam Affiliate program. Memulai dengan membuat sesi live streaming berdurasi 2-3 jam per hari, Agustin membagikan rekomendasi produk sambil menyampaikan review dan menjawab pertanyaan penonton, hingga akhirnya ia bisa mendapatkan komisi tambahan hingga ratusan juta rupiah tiap bulan nya.
Agustin Ningsih, Kreator Shopee Live mengatakan, “Bisa dibilang bahwa aku memulai karir sebagai kreator ini tanpa tahu apa-apa dan semua dimulai dari nol. Aku harus mempelajari semuanya dari awal, bahkan hanya berbekal alat yang sederhana seperti handphone dan pencahayaan seadanya. Produk yang aku bawa ke live awalnya campur aduk, dari sembako sampai aksesoris. Tapi setelah pas dengan produk kecantikan, aku mulai fokus dan lebih serius mengembangkan konten nya. Dan kini aku bisa membangun studio sendiri dan mempekerjakan hingga 10 karyawan termasuk 4 co-host, sehingga sekarang akun-ku bisa menjalankan sesi live streaming selama 24 jam.”
Konsistensi Tema dan Interaksi Otentik Menjadi Kunci Sukses Tintintinwin
Memasuki tahun kedua sebagai seorang kreator, menemukan jenis konten yang tepat menjadi titik balik penting dalam perjalanan Agustin. Ia mengusung konten bertema “Cantikmu Kebutuhanmu” dalam setiap sesi ShopeeLive-nya, terinspirasi dari tren melek skincare dan kebutuhan masyarakat, khususnya perempuan, untuk tampil percaya diri dan merawat diri. Menurutnya, kecantikan kini bukan lagi sekadar keinginan, melainkan bagian dari kebutuhan sehari-hari bahkan juga bagi sebagian pria.
Fokus pada kategori kecantikan, seperti skincare dan makeup membuat kontennya lebih terarah dan mampu membangun koneksi yang kuat dengan audiens. Kontennya pun menjadi ruang interaktif, di mana penonton bisa berbagi cerita, berkonsultasi soal permasalahan kulit, dan mendapatkan rekomendasi produk yang benar-benar sesuai. “Banyak yang kasih feedback positif karena produk yang mereka beli dari live aku beneran cocok, sesuai ekspektasi, dan sama seperti yang sudah aku spill sebelumnya. Produk seperti lip cream dan blush on jadi produk favorit kesukaan para penonton sesi Shopee Live aku,” ujar Agustin.
Agustin menambahkan, “Begitu banyak hal positif yang aku rasakan setelah bergabung dengan Shopee Affiliates Program. Tapi tentu semua itu tidak datang secara instan, bahkan aku harus melewati tidak tidur dua hari satu malam karena harus live sendirian di momen kampanye tanggal kembar Shopee. Untungnya, semua kerja keras ini akhirnya berbuah manis, dan aku bisa menjadikan komisi dari Shopee Live dan Shopee Video sebagai sumber penghasilan utamaku. Dan semua ini bisa membawa aku untuk dapat membeli rumah bagi keluarga, membangun studio pribadi, mempekerjakan lebih dari 10 karyawan, hingga mewujudkan impian memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci.”
Kunci utama dalam memilih dan merekomendasikan produk bagi Agustin terletak pada pemahaman terhadap tren, kualitas produk, dan kebutuhan audiens. Jika trend yang berkembang sedang fokus pada skincare, ia juga tetap menyematkan produk turunan seperti lip cream, bedak, dan lipstik yang relevan dengan tema live-nya untuk memberikan banyak pilihan kepada pengguna. Cara penyampaiannya pun dibuat menarik dan interaktif, mulai dari mencoba langsung di wajah hingga menunjukkan warna di tangan atau alat peraga agar penonton lebih yakin dan tertarik untuk membeli.
“Bersama Shopee, aku tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan menjalin kerjasama dengan siapa pun. Ke depannya, aku akan terus mengolah strategi yang efektif sehingga aku bisa menjadi top creator di kategori Kecantikan dan bisa memiliki penonton yang loyal dan aktif di setiap sesi live. Aku juga ingin mengembangkan kanal media sosial lain untuk mendukung trafik ke Shopee Live dan Shopee Video dan menarik lebih banyak penonton,” tutup Agustin.