x
Fashion Food And Beverage

Angkat Keberagaman Kain Indonesia, Sturbucks Hadirkan Marchandise Di HUT RI Ke-78

Angkat Keberagaman Kain Indonesia, Sturbucks Hadirkan Marchandise Di HUT RI Ke-78
  • PublishedAugust 20, 2023

Memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Tanah Air yang ke-78, Starbucks mengeluarkan city collection merchandise terbarunya dengan berkolaborasi bersama fashion brand, Purana. Koleksi Purana + Starbucksini menampilkan total 9 desain yang menonjolkan keragaman kain dari beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Medan, Makassar dan Lombok, serta desain spesial yang merepresentasikan Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk memperkuat hubungan antar manusia dengan mengangkat komunitas lokal, di mana Starbucks menjadi bagian di dalamnya. Kami senantiasa berusaha untuk membangun komunitas yang mengedepankan kesetaraan, lebih tangguh, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Starbucks di Indonesia selalu berusaha untuk terus bekerja sama dengan seniman lokal dalam menciptakan desain koleksi merchandise-nya. Dan tahun ini, kami bangga dapat kembali berkolaborasi dengan fashion brand, PURANA,” ungkap Liryawati, chief marketing officer PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia. “Memiliki kesamaan nilai dalam mengangkat kebudayaan sebagai inti sebuah bangsa, Starbucks dan Purana, memulai kolaborasi ini dengan mengambil kain tradisional sebagai fokus utama dalam koleksi city collection merchandise-nya, untuk menggemakan kembali Batik sebagai warisan budaya Indonesia. Dengan sembilan desain yang terinspirasi dari berbagai kain tradisional yang telah disahkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia, kami berharap koleksi ini juga dapat mewarnai Hari Kemerdekaan Indonesia dan mengangkat warisan budaya kita yang sangat kaya,” tambahnya.

“Tiga tahun lalu, Purana sempat mendesain botol kaca air mineral khusus untuk Starbucks. Dan ketika kami mewujudkan kolaborasi city collection merchandise kali ini rasanya seperti mengalir dan lancar. Tantangan terbesar mungkin lebih ke proses penggabungan ikon setiap kota, kain tradisional, dan flora atau fauna endemik dari kota tersebut,” ungkap Nonita Respati, Founder & Creative Director untuk Purana. “Kami ingin menampilkan desain yang berdimensi tapi tidak terpisah, berlapis tapi menyatu, pilihan warna-warna yang cocok untuk setiap kota, menjadi sebuah city collection merchandise yang layak untuk dikoleksi – sesuai dengan keahlian Purana sebagai fashion brand yang selama 14 tahun konsisten menyajikan kekayaan kultural, kearifan dan seni Indonesia dalam semangat yang kontemporer, dinamis dan modern,” tambahnya.

Rangkaian merchandise Purana + Starbucks ini mulai tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia dan e-commercetepat di tanggal 17 Agustus 2023, persediaan terbatas.

Starbucks memiliki komitmen panjang untuk berinvestasi di komunitas yang dilayaninya di seluruh dunia. Merayakan hari jadinya yang ke-21, Starbucks telah berekspansi ke lebih dari 55 kota di Indonesia, dengan lebih dari 5.500 mitra yang bangga mengenakan green apron. Dan hari ini, perusahaan menawarkan banyak cara bagi pelanggan untuk terhubung dengan orang yang mereka cintai melalui secangkir kopi Starbucks berkualitas tinggi. Dalam misinya untuk mengubah kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan juga berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat yang dilayaninya. Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertamanya di lingkungan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan kesempatan pendidikan bagi anak muda Tanah Abang, dilanjutkan dengan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) dalam mendukung pemberdayaan kaum muda. Di penghujung tahun 2022, Starbucks juga membuka Signing Store pertamanya di Indonesia untuk menyediakan lingkungan kerja inklusif yang disatukan dalam Bahasa Isyarat.

Written By
indonesianjournal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!