BPOM dan BPK RI Kunjungi Kantor Pusat PT COSMAX Indonesia
Perwakilan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Indonesia pada tanggal 15 November 2023 mengunjungi kantor pusat PT COSMAX Indonesia, yaitu COSMAX Inc. untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang operasi perusahaan, komitmennya terhadap kualitas dan keamanan produksi kosmetik, dan mempelajari lebih lanjut mengenai tren pasar
Delegasi tersebut termasuk Noorman Effendi, S.P., M.Si, Irwan S.Si, Apt, M.K.M, dan Bayu Wibisono,
S.Si, Apt., M.A.B, mewakili dewan direksi BPOM, beserta Yulita Ayu Pradini dan tiga orang delegasi
lainnya yang mewakili BPK.
COSMAX adalah pemimpin No.1 dalam penelitian, pengembangan, dan produksi kosmetik, dengan 24 pabrik di 7 negara berbeda, termasuk Indonesia, Korea, Cina, Amerika Serikat, Thailand, Jepang, dan Australia. Perusahaan mempekerjakan sekitar 930 peneliti dan lebih dari 10.000 karyawan di seluruh dunia, serta memasok produk ke lebih dari 600 perusahaan secara global.
Selama kunjungan tersebut, Shim Sang Bae selaku Wakil Ketua dan Co-CEO COSMAX Inc., berbicara tentang komitmen perusahaan terhadap inovasi dan perannya dalam mempromosikan K-BEAUTY, atau kosmetik Korea. Beliau menjelaskan, “Saat ini, Korean Wave sangat disukai oleh orang-orang di seluruh dunia dalam berbagai kategori seperti K-DRAMA, K-POP, K-FOOD, dan K-BEAUTY adalah salah satunya. COSMAX juga mengembangkan berbagai produk K-BEAUTY yang mendapatkan perhatian signifikan, seperti BB cream, cushion foundation, sheet mask, lip cream, dan microbiome skincare, yang semuanya kami sediakan untuk pasar kecantikan melalui pelanggan kami.”
Indonesia adalah salah satu negara terdepan di ASEAN dan telah berkembang pesat dalam berbagai aspek masyarakat dan ekonomi. Menurut lembaga penelitian global, pasar kecantikan diperkirakan akan tumbuh pada tingkat rata-rata 11% per tahun selama 10 tahun ke depan dan diperkirakan mencapai 11,4 miliar dolar AS pada tahun 2025. Kosmetik Korea, atau K-beauty, telah menjadi semakin populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir karena kualitas dan efektivitas produk K-beauty yang dirasakan, serta pengaruh kuat budaya Korea.
Sejak didirikan di Jakarta pada tahun 2012, PT COSMAX Indonesia telah berjuang untuk pertumbuhan yang pesat dengan banyak merek lokal Indonesia. Sebagai hasil dari upaya ini, banyak merek Indonesia telah berkembang menjadi pemain signifikan di pasar kecantikan ASEAN dan juga telah membantu meningkatkan standar kualitas dan inovasi dalam industri ini.