x
Lifestyle

Dukung Brand Strategi Pemasaran Mobile, Tiktok Raih MMA SMARTIES Indonesia Award 2021

  • PublishedDecember 11, 2021

Selama hampir dua tahun ini, kita melihat bagaimana berbagai brand melakukan kampanye kreatif melalui perangkat mobile. Tidak terkecuali di TikTok, di mana brand memanfaatkan otentisitas dan koneksi yang alami untuk terhubung dengan audiens yang kreatif dan beragam di platform ini. Kreativitas para brand ini juga telah mendapat pengakuan dari ajang Penghargaan MMA Smarties Indonesia Awards 2021 sebagai inovasi dalam pemasaran modern. Penghargaan tahunan ini menganugerahi aktivasi kampanye OCBC NISP dan Cimory di TikTok sebagai Purposeful Marketing dan Best Brand Experience in Rich Mobile Media, sekaligus menunjuk TikTok sebagai Publisher of the Year untuk kategori Industry.

OCBC NISP bersama TikTok menyelenggarakan kampanye #SAVE20, yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Purposeful Marketing kategori Gold. Lewat kampanye ini, OCBC berhasil memperoleh engagement berupa 900 ribu lebih video submission serta peningkatan brand call hingga dua kali lipat. Angka ini berhasil diraih dengan mengombinasikan beberapa ads feature TikTok serta kolaborasi bersama kreator konten.

“Kami menyadari bahwa konsumen saat ini terus berubah, seiring dengan tren yang terjadi di sekitar mereka. Kami sangat senang, bahwa kampanye OCBC NISP bisa dinikmati oleh pengguna TikTok, yaitu salah satu platform yang menjadi pusat tren saat ini. Harapannya melalui kampanye #Save20 di TikTok, generasi muda yang menjadi segmentasi potensial kami semakin menyadari pentingnya kebiasaan menabung dan bisa memulai kebiasaan baik tersebut mulai saat ini,” ungkap Amir Widjaya, EVP Head of Marketing & Digital Communications, OCBC NISP.

Selain itu, TikTok bersama Cimory, brand produk olahan susu, juga dianugerahi penghargaan sebagai Best Brand Experience in Rich Mobile Media lewat kampanye #CucokCucuCimory. Melalui pengalaman menarik minum susu di TikTok, kampanye Cimory berhasil mendorong penjualan produk susu UHT (Ultra High Temperature) serta menghasilkan return of investment yang besar. Angka tersebut didapat berkat strategy gamification yang dihadirkan melalui ads feature TikTok serta gaya otentik dari para kreator konten yang terlibat.

“Kami sangat bangga atas penghargaan yang diberikan oleh MMA SMARTIES Indonesia Awards 2021 sebagai Best Brand Experience in Rich Mobile Media di kategori silver, untuk kampanye yang Cimory lakukan bersama TikTok. Bekerja bersama TikTok untuk menyelenggarakan kampanye #CucokCucuCimory di tahun ini merupakan pengalaman yang sangat membahagiakan untuk kami. Karena hasilnya telah memberikan brand experience yang berkesan pada konsumen, meningkatkan penjualan sebesar 30% dan menghasilkan ROI sebesar 3 kali lipat. Harapannya, Cimory dan TikTok bisa terus berkolaborasi dan memberikan dampak positif,” ungkap Sheila Aryyani, General Manager Marketing Cimory.

Penunjukan penghargaan dalam program MMA SMARTIES Indonesia Awards 2021 berangkat dari penilaian akan empat pilar, yaitu strategi, kreativitas, eksekusi, serta dampak bisnis. Dalam hal ini, dampak bisnis menyumbang bagian yang paling besar yakni 40 persen dari skor keseluruhan peserta, sementara tiga lainnya masing-masing menyumbang 20 persen.

Kepercayaan dari para brand untuk menyampaikan pesan mereka di platform TikTok telah diakui oleh para ahli di bidang pemasaran, dan menjadikan TikTok sebagai Publisher of the Year di MMA SMARTIES Indonesia Awards 2021 untuk kategori Industry Award. Melalui penghargaan yang diprakarsai oleh Mobile Marketing Association Indonesia ini, TikTok dikukuhkan sebagai platform yang mampu menghadirkan engagement yang tinggi dari kampanye berbagai perusahaan, lewat inovasi dan kepemimpinan TikTok yang mendukung mereka beriklan dan melakukan kegiatan pemasaran secara kreatif melalui perangkat mobile.

“Kami berharap, misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan dapat dirasakan oleh mitra brand dan agencies kami, lewat fitur dan inovasi pemasaran TikTok. Di dalam ekosistem TikTok yang unik, marketer dan pengiklan bisa menjangkau komunitas secara lebih luas, dengan memadukan strategi, kreativitas, teknologi, dan storytelling yang otentik serta engaging – untuk menciptakan hasil bisnis yang nyata,” ujar Sitaresti Head of Marketing TikTok Indonesia.

Penghargaan The Best Publisher ini juga menjadi motivasi TikTok untuk melengkapi layanan di aplikasi, sehingga brand dapat menghadirkan engagement marketing secara efektif dalam format video pendek yang kreatif.

Written By
indonesianjournal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!