x
News

GoSend Luncurkan Buku Untuk UMKM, Bagikan Kiat Jitu Jadi Best Seller di Era Digital

  • PublishedMay 26, 2022

GoSend, layanan on-demand logistik terdepan di Indonesia, meluncurkan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital’. Buku ini merupakan bagian dari kampanye #BestSellerGoSend yang bertujuan untuk memperkaya ilmu bisnis dan pemasaran para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital, mulai dari strategi menangkap peluang dan merintis usaha baru setelah pandemi, strategi social selling yaitu teknik berbisnis masa kini yang mengandalkan kreativitas dalam berkomunikasi melalui sosial media, hingga tips membangun loyalitas konsumen.

Head of Marketing Logistics Gojek, Marsela Renata mengatakan, “Kami menyusun buku ini untuk menjawab kebutuhan dan membekali para pelaku UMKM, khususnya social seller dengan wawasan yang relevan sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi bisnisnya di era digital.  Cukup banyak pelaku UMKM yang sudah go digital namun masih menghadapi sejumlah tantangan, terutama pada jalur pemasaran digital dan efektivitas bisnis. Kami harapkan buku ini dapat membantu pelaku UMKM menjawab tantangan-tantangan tersebut. Dalam penulisannya, kami melibatkan berbagai pakar yang ahli di bidang bisnis dan pemasaran khususnya di sektor UMKM agar kami dapat menyajikan materi yang tepat guna. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan kisah inspiratif dari para #BestSellerGoSend yang membagikan pengalaman serta tips dan trik lika liku berwirausaha.”

Adapun pakar bisnis dan UMKM yang terlibat dalam penyusunan buku ini, antara lain

  • Prof. Rhenald Kasali Ph.D. – Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).
  • Yuswohady – Praktisi dan konsultan marketing di Inventureyang telah menulis 60 buku laris bertema bisnis dan pemasaran.
  • Yudo Anggoro – Kepala Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Kampus Jakarta dan Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB.
  • Wulan Ayodya – Konsultan wirausaha, Founder lembaga kursus UMKMKU, serta penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo.
  • Arief Ardinugroho – Konsultan bisnis dari Funtastic Consulting dan penulis buku bertema kewirausahaan terbitan Elex Media Komputindo.

Diluncurkannya buku ini melanjutkan upaya berkelanjutan GoSend dalam mendukung pelaku UMKM social seller meningkatkan skala bisnisnya.  Pada tahun 2021 lalu, riset oleh Lembaga Demografi FEB UI menemukan bahwa mayoritas social seller (71%) mengatakan bahwa layanan GoSend membantu menghemat waktu dan 35% merasakan perubahan pendapatan usaha online semenjak mulai menggunakan layanan GoSend. Sinergi layanan logistik yang handal dan partner e-commerce pun turut menjadi pilihan bagi para seller, dimana melalui data internal GoSend yang mencatat kenaikan transaksi Q1 2022 GoSend di Tokopedia sebanyak lebih dari 2x lipar dibandingkan tahun lalu, dan jumlah sellerUMKM pengguna GoSend di Tokopedia yang naik 65% pada periode yang sama.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ikut menyampaikan apresiasinya terhadap peluncuran buku Kiat Jitu Menjadi Best Seller. Ia mengungkapkan, “Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh GoSend dalam mendukung pertumbuhan dan peningkatan kapasitas pengetahuan UMKM yang diwujudkan melalui buku ini sehingga pelaku ekonomi kreatif  tidak hanya survive, tapi juga revive and thrive. Lewat berbagai materinya serta keterlibatan jajaran pakar yang ahli dalam bisnis UMKM dan kisah inspiratif paraBestSeller, saya berharap buku ini dapat menjadi jembatan bagi UMKM menuju kesuksesan usahanya sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan ikut mendorong kebangkitan sektor parekraf dan perekonomian nasional.”

Pada kesempatan terpisah, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki juga memberikan apresiasinya. “Upaya GoSend dalam merangkum peta perjalanan bagi UMKM di era digital sangat informatif, praktis dan inspiratif bagi pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan pasar dan meningkatkan skala usaha khususnya pada masa pemulihan pasca pandemi,” ungkap Teten.

Praktisi dan pakar pemasaran Yuswohady yang juga terlibat dalam penulisan buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller; turut menjelaskan, “Perusahaan konsultan manajemen global, McKinsey memperkirakan bahwa ada 30 juta pembeli online Indonesia pada tahun 2017, dan dari pasar sebesar 8 miliar USD, 37,5% di antaranya adalah social commerce. McKinsey juga memperkirakan bahwa pasarnya akan tumbuh menjadi antara USD 55 sampai 65 miliar. Dengan potensinya yang sangat besar, penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami cara mengoptimalkan peluang ini. Materi unik yang tidak banyak ditemui di sumber lain inilah yang ditawarkan oleh buku ini, dan harapannya mampu memberikan cara pandang baru yang fresh dan out of the box.

Dikemas secara ringan buku ini terdiri dari 4 bab utama yang mencakup perpaduan wawasan bisnis dari para pakar di bidang UMKM dan pemasaran, serta kisah sukses para #BestSellerGoSend, yaitu:

●        Memulai Usaha Baru Sejak Pandemi

●        Berawal dari Social-Selling

●        Lika-liku Bisnis untuk kategori F&B, Fashion, Art Craft.

●        Tips Penting dari Seller untuk Sellers yang meliput Brand Activation, Content Creation & Risk Management.

Diterbitkan Elex Media Komputindo, buku ‘Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM’ dapat dibeli di toko-toko buku terdekat. Hasil penjualan dari buku sepenuhnya akan digunakan untuk berbagai program kemajuan UMKM oleh GoSend. Buku ini juga memuat informasi mengenai program #BestSellerGoSend, dimana para seller dapat bergabung dan mendapatkan promo spesial, program loyalty, welcoming kit, Best Seller Award, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi agar jualan semakin laris.

Written By
indonesianjournal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!