Jalin dan VJI Bersinergi Perkuat Infrastruktur Sistem Pembayaran Bagi UMKM Mitra Bukalapak
IndonesianJournal.id, Jakarta – PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) mengumumkan dukungannya terhadap PT Visi Jaya Indonesia (“VJI”) dalam memperkuat infrastruktur sistem pembayaran berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (”QRIS”). Dukungan ini secara resmi dituangkan dalam penandatanganan kerja sama strategis yang dihadiri oleh Ario Tejo Bayu Aji selaku Direktur Utama Jalin, Eko Dedi Rukminto selaku Direktur Komersial Jalin dan Dessia selaku Direktur VJI.
VJI merupakan bagian dari Bukalapak yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan ekonomi yang adil bagi semua, di mana untuk mendukung visi dan misi tersebut VJI berkomitmen memperkuat layanan sistem pembayaran Mitra Bukalapak, anak usaha sekaligus platform online-to-offline (o2o) milik Bukalapak. Mitra Bukalapak sendiri saat ini mengelola belasan juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan bergabungnya VJI dalam keanggotaan Link, para pemilik warung, kios pulsa, maupun UMKM lainnya yang tergabung dalam Mitra Bukalapak akan mendapatkan solusi pembayaran QRIS yang lebih efisien dan andal.
Eko menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal dalam mempersiapkan dukungan infrastruktur sistem pembayaran kepada VJI. “VJI telah menegaskan posisinya untuk memperkuat layanan sistem pembayaran merchant yang tergabung dalam Mitra Bukalapak. Oleh sebab itu, Jalin sangat senang dapat memberikan solusi sistem pembayaran yang andal agar para Mitra Bukalapak tidak perlu khawatir ketika memperluas layanan digitalnya,” ungkap Eko.
Kemitraan ini juga akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia melalui model bisnis o2o di mana para Mitra Bukalapak dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan secara signifikan, terutama di daerah dengan akses terbatas ke layanan perbankan. Beragam produk virtual dan layanan keuangan digital seperti pembayaran tagihan, pengisian saldo e-wallet, kirim uang, serta pembelian pulsa akan menjadi lebih mudah karena Mitra Bukalapak dapat menerima pembayaran melalui QRIS.
“Ke depannya, peluang kerja sama ini sangat luas dan tidak terbatas pada layanan sistem pembayaran QRIS saja. Kami melihat banyak potensi kolaborasi lainnya untuk mewujudkan inklusi keuangan yang mendukung model bisnis o2o lainnya,” tutup Eko.
Jalin dan VJI juga berkomitmen menghadirkan layanan keuangan yang inklusif sekaligus berperan menjadi digital enabler dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial.
Tentang PT Jalin Pembayaran Nusantara
PT Jalin Pembayaran Nusantara (”Jalin”) merupakan perusahaan pengelola integrasi jaringan ATM BUMN terbesar yang tersebar di seluruh Indonesia melalui merek ATM Link. Sebagai perusahaan pemroses pembayaran (switching), Jalin mengelola jaringan “LINK” untuk menghubungkan layanan transaksi keuangan berbasis ATM & CRM, Debit, CDM, Mobile Banking, Mini ATM, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baik Domestik maupun Cross-border serta layanan perbankan lain yang mencakup pengelolaan uang tunai.
Didirikan pada tahun 2016 melalui inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN), dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Jalin telah memainkan peran penting dalam memajukan inovasi di sektor pembayaran. Pada tahun 2019, mayoritas saham Jalin dialihkan ke PT Danareksa (Persero). Saat ini, Jalin memiliki lebih dari 60 member yang berasal dari sektor perbankan dan fintech di Indonesia.
Jalin telah meraih sertifikasi ISO 27001, ISO 9001, PCI DSS, dan PCI PIN sebagai langkah untuk memenuhi standar dan keandalan layanan demi memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh member. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman resmi kami di www.jalin.co.id