Lewat YouTube Shopping Affiliates dan Shopee IniVindy Dorong Pertumbuhan Brand Parfum Lokal

IndonesianJournal.id, Jakarta – Harfrida Vindy Agustie, atau yang lebih dikenal sebagai IniVindy, dengan mengusung konten seputar kecantikan, parfum, dan gaya hidup, Vindy membuktikan bahwa konsistensi, edukasi, dan pemanfaatan teknologi dapat membuka jalan menuju kesuksesan yang berkelanjutan.
Perjalanan Vindy dimulai dari dunia blog pada 2011, kemudian berlanjut ke YouTube pada 2012. Latar belakangnya di bidang Desain Komunikasi Visual membantunya membuat transisi ke konten video lebih mudah. Kini, kanal YouTube-nya telah berkembang menjadi ruang belajar yang interaktif, menyajikan tutorial yang tidak hanya informatif dan edukatif, namun juga dikemas dengan menarik.
Menjelaskan prosesnya dalam membuat konten, Vindy mengatakan, “Sebelum take video, aku selalu mulai dengan menyusun skrip, pada proses ini aku tidak hanya memperhatikan isi, tapi juga bahasa yang digunakan. Aku pilih kata-kata yang ringan dan bersahabat, supaya penonton merasa seperti sedang diajarin oleh teman sendiri. Selain itu, menurutku rutin berinteraksi dengan audiens dan sesama konten kreator juga sangat penting, maka itu aku rutin membaca, membalas komentar, dan juga ngobrol di media sosial dengan followers-ku. Semua itu aku lakukan agar tetap relevan, memahami kebutuhan audiens, dan terus tumbuh bersama mereka.”
Dalam beberapa tahun terakhir, industri parfum lokal di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang sangat menjanjikan. Semakin banyak brand dalam negeri yang bermunculan dengan kualitas formula, estetika kemasan, hingga storytelling produk yang tak kalah dari brand internasional. Inovasi dalam hal aroma, ketahanan, dan karakter parfum pun semakin beragam, menjawab kebutuhan pasar lokal yang kian cerdas dan selektif.
Untuk membantu mendorong pertumbuhan industri parfum lokal, Vindy aktif menggunakan YouTube Shopping untuk mendekatkan produk-produk lokal kepada konsumen melalui pendekatan yang lebih personal dan edukatif. Melalui kontennya, Vindy tidak hanya merekomendasikan produk, namun ia juga membekali audiensnya dengan informasi mendalam seputar cara memilih parfum yang sesuai karakter, aktivitas harian, dan tentu saja iklim tropis khas Indonesia yang mempengaruhi performa aroma di kulit.
Melalui kontennya yang menghibur dan informatif, Vindy tidak hanya mempromosikan produk, tapi juga membangun pemahaman yang lebih baik di kalangan konsumen. Bagi Vindy, menjadi konten kreator adalah proses belajar tanpa henti.
IniVindy adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi strategis antara kreator, teknologi, dan e-commerce dapat membuka peluang baru bagi industri kreatif dan UMKM lokal.