Menjadi Salah Satu Perusahaan Franchise Terbesar, Ini Kiat Sukses Mixue
Beberapa bulan belakangan ini masyarakat Indonesia semakin akrab dengan kemunculan outlet-outlet brand minuman berbasis es krim dan teh yang berasal dari China, MIxue. Hingga muncul istilah, dimana ada tempat atau lahan kosong, pasti di isi Mixue.
Kecepatan pertumbuhan outlet ini membuat Mixue di dapuk menjadi salah satu dari 7 franchise terbanyak di dunia. Peringkat diatasnya ada brand lama yang sudah mendunia sepert KFC, Starbuck dan McDonald. Tercatat pada Oktober 2022 Mixue telah mempunyai 21.582 gerai diseluruh dunia.
Kesuksesan Mixue bisa scale up bisnis dan menguasai pasar tentu juga bisa dijadikan contoh oleh pemilik bisnis. Lalu apa rahasia kesuksesan Mixue yang bisa diterapkan di bisnis lain?
Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 4 strategi dan rahasia scale up bisnis yang wajib diketahui pemilik bisnis jika mau mempunyai banyak cabang dan sukses scale up:
1. Sistem Bisnis yang Praktis. Ini adalah rahasia yang sangat krusial yang harus dimiliki dan diterapkan oleh semua pemilik bisnis. Tentunya bisnis tidak akan bisa jalan kalau tidak ada sistem yang jelas kan ya? Mengingat pentingnya sistem di bisnis, maka sebuah kewajiban bagi pemilik bisnis untuk membuat sebuah sistem yang nanti nya bisa dijalankan oleh karyawan dan bisnis. Jika pemilik bisnis belum punya sistem yang berjalan, maka jangan berpikir untuk scale up bisnis dulu. Karena jika memaksakan, pemilik bisnis malah akan kelimpungan karena bisnis hanya akan semakin menyedot waktu dan hidup.
2. Mempunyai SuperTEAM
Dua aset terbesar di bisnis adalah great brand dan right people. Dengan right people, pemilik bisnis bisa membuat sebuah great brand dan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi. Untuk bisa memiliki right people dan membangun SuperTEAM di bisnis, langkah awalnya adalah dengan merekrut karyawan yang tepat (right people), menempatkannya di posisi yang tepat (right place), dan di waktu yang tepat (right time).
3. Strategi Marketing dengan Emotional Benefit. Ini adalah rahasia ekspansi bisnis yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan bisnis. Pemilik bisnis harus fokus ke emotional benefit dan berhenti menjual functional benefit. Emotional benefit bertujuan untuk fokus ke sisi emosional dan menyentuh hati customer, sedangkan functional benefit hanya fokus pada kegunaan dan fungsi semata.
4. Menguasai Digital Marketing. Digital marketing terbukti bisa menjangkau calon customer dalam skala yang lebih luas dan waktu yang tidak terbatas, serta bisa meningkatkan penjualan bisnis dan menjangkau calon customer yang tidak bisa dijangkau melalui strategi offline. Dunia digital marketing ini tidak hanya dengan beriklan, pemilik bisnis bisa memanfaatkan dunia digital seperti sosial media, marketplace, dan website untuk mengenalkan cabang usahanya ke calon customer