Pakar Marketplace Bagikan Kiat Bangun Usaha Sehat di E-Commerce
IndonesianJournal.id, Jakarta – JNE Gollaborasi 2024 kembali digelar, kali ini bertempat di Pulau Dewata sebagai kota terakhir rangkaian program kolaborasi bersama Shopee tahun ini pada Kamis (7/11). Kegiatan pelatihan dan diskusi untuk UMKM Bali ini, menghadirkan pakar marketplace, Joko Kurniawan yang juga merupakan pemilik toko Kampung Souvenir dan Co-Founder brand Kimora, Theja Kustedja, untuk berbagi wawasan tentang pengembangan bisnis secara digital kepada 100 UMKM di kota ini.
Menurut Joko, ada banyak hal yang diperlukan untuk bisa bersaing secara sehat dengan para UMKM di Indonesia, tidak hanya produk jual yang dibuat sedemikian menarik daya beli Pelanggan, tetapi juga bagaimana UMKM berinvestasi melalui fitur dan program dalam ekosistem jualan online.
“Sebelum masuk ke strategi dan investasi melalui fitur dan program, yang pertama kita analisis dulu behavior dari Pelanggan terhadap produk kita seperti apa, kenali mereka, apakah mereka menjadi Pelanggan setia karena adanya promo dan diskon yang diberikan, eksposur melalui iklan, atau bahkan tipe Pembeli yang lebih suka melihat ulasan produk secara visual,” jelas Joko.
Di kegiatan ini, Joko juga menekankan bahwa salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian calon pembeli adalah melalui optimalisasi visibilitas. “Setelah mengenal bagaimana behavior Pembeli, lalu kemudian yang penting untuk teman-teman UMKM lakukan adalah mengatur strategi yang dapat memperluas eksposur dari toko dan produk, disesuaikan dengan hasil analisis behavior sebelumnya, seperti halnya melalui adaptasi dengan konten digital pada toko, bahkan mengoptimalisasi eksposur dan penjualan melalui fitur iklan ya,” tambah Joko.
Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan pentingnya memanfaatkan fitur Live Streaming dan Video yang terdapat di marketplace. Joko menyampaikan pengalamannya menjajaki Shopee Live dan Shopee Video dengan tujuan meningkatkan visibilitas produk di antara ribuan pesaing lainnya.
“Dari pengalaman saya, mengulas produk melalui live streaming dan video, dampaknya signifikan banget. Karena jaman sekarang, ya, orang (Pembeli) lebih suka untuk lihat langsung secara visual, dengerin dan nonton, dari pada cuma sekadar baca. Bayangin aja, 1 malam kita bisa dapetin peningkatan transaksi cuma dari live streaming di Shopee Live. Itu makanya saya bilang penting,” jelas Joko.
Berikutnya, pakar marketplace ini menyebutkan bahwa optimalisasi visibilitas toko dan produk juga dapat dilakukan melalui pemasangan iklan yang efisien, Penjual tidak hanya dapat menjangkau lebih banyak audiens yang sesuai dengan target, namun juga membawa traffic yang tinggi untuk produk, sehingga berpeluang untuk penjualan yang juga meningkat.
Adapun 6 hal yang menjadi fokus pemaparan Joko seputar tips optimalisasi fitur iklan di Shopee:
-
Produk tepat dengan penilaian yang bagus
-
Volume pencarian baik
-
Mulai dari bid terendah
-
Gunakan 5-10 kata kunci
-
Batasi modal dan naikkan pada masa campaign
-
Evaluasi iklan secara berkala
Secara rinci, Joko memaparkan pengalamannya melalui edukasi tentang fitur-fitur marketplace Shopee kepada para UMKM Bali. Antusiasme terlihat dari banyaknya pertanyaan yang berujung menjadi sesi bincang antara UMKM dan Joko Kurniawan seputar pengembangan toko jualan online di Shopee.
“Yang perlu diingat teman-teman UMKM, tidak ada yang instan, betul, semua butuh proses, namun kita juga harus jeli untuk beradaptasi terhadap teknologi, sehingga fitur-fitur atau program dari platform digital seperti Shopee ini perlu untuk dipelajari dan diterapkan, ini yang dinamakan sebagai investasi jangka panjang yang saya sebutkan di awal, worth it buat dilakuin kalo Anda jualan online.” tutup Joko.
Tak hanya di Bali, JNE Gollaborasi 2024 sebelumnya juga digelar di kota Jakarta dan Bandung dengan dihadiri oleh ratusan UMKM Shopee. Mereka telah dibekali dengan berbagai tips dan trik untuk mengoptimalkan bisnis secara online, mencari solusi atas masalah yang dihadapi, serta mengelola fitur dan program pendukung perkembangan bisnisnya. Tidak hanya itu, cerita sukses dan kreativitas UMKM dalam berjualan online juga dibagikan untuk meningkatkan motivasi para peserta.