Rayakan 17 Agustus, Tik Tok Gelar #SerunyaIndonesia Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat
Bertempat di bilangan Jakarta Selatan, Tik Tok menggelar festival dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (18/8).
#SerunyaIndonesia merupakan rangkaian kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang diharapkan menjadi panggung ragam kreativitas yang menyatukan beragam figur publik dan ratusan kreator lintas generasi dan kategori, mulai dari persembahan lagu Mars #SerunyaIndonesia oleh band legendaris Indonesia, Slank, aksi pemecahan rekor MURI oleh Alicia Eva untuk kategori “Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil”, hingga “Peragaan Busana oleh Konten Kreator Terbanyak” dari Christie Basil yang menggandeng lebih dari 77 kreator TikTok.
“Kami mengapresiasi dan mendukung semangat kebhinekaan yang diusung oleh TikTok di Festival #SerunyaIndonesia. Semangat persatuan, kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, serta kreativitas tanpa batas akan menjadi cara bagi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Platform hiburan digital seperti TikTok dapat berperan efektif untuk merangkul seluruh masyarakat Indonesia, agar tetap bersatu di dalam indahnya perbedaan, dan bersama-sama membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, untuk Indonesia yang lebih baik,” tegas Ni Wayan Giri Adnyani, Plt. Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia.
Sementara itu, dari Tik Tok yang diwakili oleh Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations, TikTok Indonesiayang menyampaikan, “”Walau tidak mudah bagi kita semua, namun kami melihat bagaimana masyarakat bersatu, saling mendukung dan saling menyemangati satu sama lain di TikTok, terutama pada saat pandemi. Memasuki masa endemi, kita semua ingin pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kami melihat kebhinekaan menjadi salah satu kuncinya. Festival #SerunyaIndonesia merupakan perayaan persatuan dalam keragaman dan bentuk apresiasi kami kepada seluruh komunitas TikTok di Indonesia agar bersama dapat terus menginspirasi dan menggerakkan komunitas menuju hal positif. Di panggung kreativitas ini, kita rayakan #SerunyaIndonesia karena meski berbeda tetapi kita tetap satu jua.”
Acara puncak yang dipandu oleh Irfan Hakim dan Rina Nose ini juga dimeriahkan oleh ratusan kreator TikTok, termasuk peraihan rekor MURI dari aksi lukis pahlawan terbanyak di mobil oleh kreator Alicia Eva, dan fashion show dari desainer Christie Basil yang menggandeng lebih dari 77 kreator sebagai modelnya hingga bisa meraih rekor MURI juga, serta turnamen #SerunyaIndonesia dengan permainan tradisional dan pertandingan olahraga khas perayaan 17 Agustus bersama para kreator TikTok, dan berbagai keseruan lainnya.
“Di TikTok, segala bentuk kreativitas positif disambut dengan baik. Kemampuan menciptakan tren dan menggerakkan komunitas. Slank, sebagai band yang telah 34 tahun berkarya, melihat musik sebagai bahasa universal dan pemersatu. Sama halnya dengan TikTok yang merupakan platform hiburan pemersatu masyarakat, terlepas dari genre atau generasi mana pun, kita semua punya tempat di TikTok. Kali ini, Slank dan TikTok mempersembahkan Mars #SerunyaIndonesia di acara Festival #SerunyaIndonesia agar semangat persatuan dalam keragaman di negeri tercinta kita ini akan terus berkobar,” jelas band Slank.
Selama bulan Agustus, kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia telah melangsungkan berbagai program dengan menitikberatkan fokus dan dukungan pada sektor pariwisata dan pemberdayaan ekonomi kreatif, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Beberapa program tersebut antara lain Jelajah #SerunyaIndonesia, program promosi pariwisata livestream 77 jam ke 77 destinasi bersama empat kreator TikTok LIVE, TikTok Shop For Your Fashion, program untuk mendukung pertumbuhan brand fashion lokal sebagai salah satu tulang punggung ekonomi kreatif, dan #MajuBarengTikTok, program pemberdayaan UMKM gratis selama satu tahun untuk dapat mengoptimalkan ekosistem TikTok bagi pertumbuhan bisnis UMKM.
Untuk menyaksikan keseruan kampanye #SerunyaIndonesia di TikTok, kunjungi link berikut ini.