x
Fashion

Tampilkan 300 Desainer/Brand, Targetkan 40.000 Pengunjung, MUFFEST 2022 Siap Digelar

  • PublishedApril 16, 2022

Memasuki masa transisi endemi dari pandemi global Covid-19, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) akan kembali diselenggarakan pada tanggal 21-23 April 2022 di Grand Ballroom  The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta dengan optimisme untuk mempercepat kebangkitan industri fesyen muslim Indonesia pasca pandemi.

Tahun ini, MUFFEST hadir dengan menambahkan kata “Plus (+)” menjadi MUFFEST+, sesuai tawaran baru yang diusung, yaitu mengedepankan sektor fesyen muslim serta diperluas dengan lifestyle (gaya hidup) muslim melalui tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”. MUFFEST+ 2022 dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan didukung penyelenggaraannya oleh Kinarya Cipta Kreasi.

Sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia, tentunya Indonesia dituntut dapat memberikan tawaran tren dan gaya berpakaian muslim yang diakui dunia sehingga menjadi suatu gaya hidup muslim global. MUFFEST+ yang telah dilaksanakan secara berkelanjutan sejak 2015, berpotensi menjaditolak ukur perkembangan gaya hidup muslim termasuk fesyen muslim di tanah air.

“Kehadiran MUFFEST+ diharapkan dapat mendukung para pelaku industri fesyen muslim tanah air untuk konsisten menawarkan gaya fesyen muslim Indonesia sebagai suatu lifestyle yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Dengan begitu akan memperkuat positioning Indonesia di industri fesyen muslim dunia,” harap Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

“Di tahun ini, MUFFEST+ sudah menjadi bagian penting dari perkembangan busana muslim dan sudah menjadi lifestyle. Busana muslim sudah menjadi tren tidak hanya pelaku industri fesyen tapi juga masyarakat Indonesia. Di MUFFEST+ ini bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk meraih mimpi yang sudah hampir menjadi kenyataan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi sumber insipirasi bagi dunia. Tidak hanya itu, MUFFEST+ kali ini juga dilaksanakan di tempat prestise yang menunjukkan bahwa kegiatan tahun ini sudah naik kelas,” ujar Lisa Fitria, Vice Chairman of Indonesian Fashion Chamber (IFC).

MUFFEST+ 2022 akan menghadirkan rangkaian acara berupa fashion show dengan menampilkan karya lebih dari 100 desainer, trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 peserta/jenama fesyen muslim, dan dilengkapi dengan seminar trend, talkshow, dan kegiatan lainnya. Tahun ini, MUFFEST+ menargetkan 40.000 pengunjung dan nilai transaksi mencapai Rp 35 Miliar.

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam MUFFEST+ 2022 meliputiragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i, antara lain karya dari Hannie Hananto, Lisa Fitria, Vivi Zubedi, Deden Siswanto, Sofie, Defrico Audy, Wignyo, Rosie Rahmadi, Monika Jufry, Anggia Handmade, Irmasari Joedawinata, Syukriah Rusydi, Sulika, Nina Nugroho, Opie Ovie, Batik Chic, Benang Djarum Couture, Jenna Kaia, Lace by Artkea, kami., Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang.

MUFFEST+ 2022 terselenggara atas dukungan dan kerjasama sinergis dengan berbagai pihak, yaitu Wardah Cosmetic sebagai Official Make up Partner dan BliBli.com sebagai Exclusive E-Commerce & Online Ticketing Partner. Kemudian para sponsor adalah Bank Syariah Indonesia (BSI), Asia Pacific Rayon (APR), dan Gistex. Gelaran ini didukung pula oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia, Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta; BBPVP Semarang-Kementerian Ketenagakerjaan RI; dan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perhelatan MUFFEST+ merupakan etalase untuk memperlihatkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan gaya hidup halal Indonesia di tingkat nasional, bahkan skala global. Dengan konsep hybrid, kegiatan MUFFEST+ 2022 dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan Pemerintah, dan secara virtual agar dapat dijangkau oleh masyarakat lebih luas. MUFFEST+ 2022 dapat diakses secara streaming melalui YouTube Channel: Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di akun @muslimfashionfestival.

Written By
indonesianjournal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!